Sabtu, 29 Januari 2011

ide - ide online school

seperti jelangkung yang datang tak diundang, pulang tak diantar.. begitu juga dengan ide!! hhaha
jauh-jauh ide sama jelangkung apa sama nya? hahhaha.
ya ga sama sih.. cuma ide itu bisa datang kapan saja, kadang dengan sengaja kita mencari tapi ga ketemu. eh pas ga lagi dicari ada aja dateng haha. beda nya klo ide datang tak diundang, sebaiknya pulang nya diantar. knapa harus diantar?
diantar disini makna nya adalah di realisasikan. bagaimana merealisasikannya? ya lakukanlah!
ini saya akan coba tulis beberapa ide mengenai sekolah online yg kemarin saya post kan..
kalo inget sekolah, apa yang kalian inget?
ada gedung sekolah nya kan pasti, ada guru yang mengajar beberapa mata pelajaran, ada pelajarannya, ada prakteknya, ada kantinnya, ada penjaga sekolahnya dll ya..
nah coba kita refleksikan kalo hal- hal yang ada disekolah tadi kita tampilkan dalam bentuk online?

1. yang paling utama yaitu gedung sekolah.
gedung sekolah ya berarti page web nya itu sendiri. ada apa didalam gedung sekolah? ada kelas pasti ya. ada gerbang masuk, ada lorong menuju kelas, ada pintu masuk kelas, ada kantor dll. nah didalam ruangan kelas itu  apa yang kita lakukan? yang kita lakukan adalah berinteraksi sesuai fungsi ruangan - ruangan itu sendiri. misal didalam kelas kita sedang belajar pelajaran biologi ya berarti kelas itu berfungsi sebagai ruangan belajar biologi. lalu ruang kantor, disana tempat kita membicarakan hal - hal yang bersifat administratif atau ruang dimana para guru sedang duduk beristirahat atau apalah tau sendiri kan ruang kantor kayak gimana. nah hubungannya dengan sekolah onlline, saya ingin membuat ruang - ruang itu dalam versi online. apakah namanya? namyanya adalah Chat Room! ya Chat Room! saya akan membuat chat room sesuai fungsi nya masing - masing seperti ruang - ruang dalam kelas. ahahaha.. yg baca ini pasti udah tau kelanjutannya kalo saya tuliskan lebih lengkap kan ahaa.

2. ada guru.
lanjutan dari tulisan sebelumnya. di setiap kelas pasti ada yang namanya guru. nah begitu juga dalam setiap chat room ada yang namanya guru yang kita sebut Admin. ahhahaha... ada ide yah. admin yang akan memberi pelajaran, yang akan mengawasi setiap kegiatan pembelajaran disana, chat room akan dibuka setiap jam pelajaran dimulai. hhahaha.. saya sambil tertawa sendiri membayangkan ide ini.. apa bayangan anda sebagai pembaca silahkan haha.. owiya hampir lupa, ada kepala sekolahnya juga. yaitu seorang yang bertanggung jawab atas semua keberlangsungan sekolah ini haha.

3. ada kurikulum pembelajaran.
karna ini adalah sekolah tidak resmi, maka kurikulum yang dibuatpun tidak resmi namun mendekati kurikulum pendidikan nasional dan diarahkan sesuai tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. bagaimana cara mencerdaskan kehidupan bangsa via online? nantilah saya fikirkan lagi hehee..

4. ada jam pelajaran.
jam pelajaran ditentukan sekolah menurut jadwal yang telah ditentukan. setiap murid mengikuti jam pelajaran yang sudah ada. pelajaran dimuali ditandai dengan dibukanya chatroom. murid2 sudah boleh masuk dan pelajaran dimulai hahaa...

5. ada murid
ya yang pasti ada murid di dalamnya. murid - murid adalah setiap orang yang sudah memiliku akun di sekolah online ini. murid dibagi atas beberapa tingkatan. ya seperti di sekolah konvensional ada SD, SMP, SMA. tingkatan dibedakan atas umur atau kemampuan siswa. hhahaa..

6. ada kantin
kantin disini juga ya kantin online, kantin adalah tempat dimana murid-murid bisa jajan. jajan online? ya jajan online bisa apa saja. bisa baju, bisa handphone, bisa mobil, bisa apa saja hahaa..

ya segitu dulu deh share ide nya nanti dilanjut lagi klo ada ide haha..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More