Sabtu, 29 Januari 2011

sekilas konsep sekolah online

sekolah online?? hahahah mungkin sejenak kita fikir itu adalah hal yang tidak mungkin haha.
tapi kenapa tidak yah? hahah.
sekolah adalah dimana tempat setiap orang menimba ilmu. dimana sebuah proses pembelajaran terjadi. pembelajaran akan terjadi jika:
1. ada yang diajarkan
2. ada yang belajar
3. ada yang memberi pelajaran
belajar adalah sebuah proses dimana orang yang tidak tau menjadi tau. setiap kita menjadi tau, itu adalah belajar. kapanpun dimanapun kita harus belajar.
internet memberikan kemudahan setiap orang untuk belajar. karena memiliki akses yang luas, waktu dan tempat yang tidak terbatas. dan segala macam pelajaran ada di dalamnya. itulah kelebihan internet. yang jika kita jeli maka kita akan bisa memanfaatkannya.
lalu apa itu sekolah? sekolah adalah sebuah pengorganisasian kegiatan belajar mengajar. kenapa saya sebut pengorganisasian?
ya karena didalamnya ada kegiatan-kegiatan yang terorganisir untuk menciptakan keadaan berkegiatan belajar mengajar dengan baik dan benar.
namun melihat esensi belajar itu sendiri, adalah sebuah sikap kesadaran seseorang yang ingin menjadi tau.
pada akhirnya, kepintaran, kecerdasan seseorang bukanlah dilihat dari dimana dia bersekolah. kepintaran setiap orang ditentukan oleh dirinya sendiri. ya oleh diri sendiri !
percuma setiap kita berangkat ke sekolah hanya untuk bertemu guru dan mendengarkan ceramah-ceramah guru namun tidak ada yang kita serap atau peraktikan.
oleh karena itu harus ada sebuah revolusi pendidikan. dimana siswa lebih berperan aktif bukan karena tekanan atau paksaan lingkungan namun adalah sebuah kesadaran.
internet yang sangat luas jangkaunnya dan sangat banyak tidak bisa terhingga dihitung manfaatnya harus kita bisa manfaatkan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.
mungkinkah pengorganisasian di sekolah bisa kita pindahkan ke dalam internet ini?
memang, dalam kegiatan belajar mengajar harus ada yang namanya pembimbing. jika disekolah guru adalah sebagai pembimbing. bagaimana jika belajar di internet, siapakah pembimbingnya??
yang menjadi pembimbing belajar di internet adalah diri sendiri. bagaimana bisa diri sendiri menjadi pembimbing? sikap kesadaran ingin belajar akan menumbuhkan itu. mungkin saya harus mendalami lebih bnyak tentang itu, namun sedikit konsep dari saya akan saya terus kembangkan semoga berhasil. bismillah..

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More